Sabtu, 05 Maret 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN



PENGERTIA PENDERITAAN

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin.
Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai
kenikmatan dan kebahagiaan.
Penderitaan akan dialami oleh semua orang, hal itu sudah merupakan resiko hidup. Tuhan memberikan kesenangan atau kebahagiaan kepada umatnya, tetapi juga memberikan penderitaan atau kesedihan yang kadang-kadang bermakna agar manusia sadar untuk tidak berpaling darinya. Untuk itu pada umumnya manusia telah diberikan tanda atau wangsit sebelumnya, hanya saja mampukah manusia menangkap atau tanggap terhadap peringatan yang diberikanya. Tanda atau wangsit demikian dapat berupa mimpi sebagai pemunculan rasa tidak sadar dari manusia waktu tidur, atau mengetahui melalui membaca koran tentang terjadinya penderitaan. Kepada manusia sebagai homo religius Tuhan telah memberikannya.
Penderitaa juga bisa terjadi pada makhluk yang tidak taat kepada tuhannya, itu merupakan sbuah cobaa baginya karena tidak taat tapi, tidak semua oaring yang tidak taat diberi cobaan seperti penderitaan seperti kebanyakan orang.

PENGERTIAN SIKSAAN
Siksaan merupakan suatu penderitaan yang diterima oleh seseorang. Penderitaan itu sendiri berbentuk penganiayaan. Seseorang mengalami penganiyaan yang membuatnya mendapat siksaan dan merasa tersiksa. Kenyamanan tentu saja tidak dapat oleh seseorang yang mengalami siksaan tersebut. Dengan siksaan yang didapat oleh seseorang, pastilah akan membuat orang itu mendapat luka baik luka fisik maupun luka hati atau yang lebih terkenal dengan nama sakit hati. Bahkan tidak hanya luka yang didapat oleh orang yang disiksa, akan tetapi juga tidak sedikit dendam yang timbul dari orang yang disiksa tersebut terhadap orang yang menyiksanya. Oleh karena itu mestinya tak ada lagi orang yang semena-mena menyiksa orang lain agar tak timbul lagi suatu dendam. Yaitu dengan membuat peraturan atau hukum yang sudah ada seprti sekarang ini. Siksaan sekarang juga dapat dikenakan hukum pidana karena sekarang hokum mengenai hak asasi manusia atau HAM sudah ditegakan namun tadak semua penderitaan selesai begitu saja. Banyak pelanggar yang mempunyai materi yang berkecukupan kadang kadang malah bisa membayar orang untuk menyelesaikan masalah ini, karena zaman sekarang yang berbicara adalah uang.  


SIKSAAN PSIKIS /FISIK
pelecehan psikologis, juga disebut sebagai pelecehan emosional atau pelecehan mental, adalah bentuk pelecehan ditandai oleh seseorang menundukkan atau mengekspos lain untuk perilaku yang dapat mengakibatkan trauma psikologis , termasuk kecemasan , depresi kronis , atau gangguan stres traumatik-post. pelecehan seperti ini sering dikaitkan dengan situasi ketidakseimbangan kekuatan, seperti hubungan kasar , bullying , pelecehan anak dan di tempat kerja . dan ada 3 siksaan yang bersifat psikis yaitu :
  • Kebimbangan, terjadi pada saat seseorang tidak dapat menentukan pilihan yang ia ambil atau tidak bias mengambil keputusan.
  • Kesepian, merupakan perasaan sepi, sendiri, meskipun berada di tempat yang ramai.
  • Ketakutan, adalah reaksi emosional terhadap budaya.

PENGERTIAN KEKALUTAN MENTAL
Kekalutan mental merupakan suatu keadaan dimana jiwa seseorang mengalami kekacauan dan kebingungan dalam dirinya sehingga ia merasa tidak berdaya. Saat mendapat kekalutan mental berarti seseorang tersebut sedang mengalami kejatuhan mental dan tidak tahu apa yang mesti dilakukan oleh orang tersebut. Dengan mental yang jatuh tersebut tak jarang membuat orang yang mengalami kejatuhan mental menjadi tak waras lagi atau gila. Karena itu orang yang mengalami kejatuhan atau kekalutan mental seharusnya mendapat dukungan moril dari orang-orang dekat di sekitarnya seperti orangtua, keluarga atau bahkan teman-teman dekat atau teman-teman pergaulannya. Hal tersebut dibutuhkan agar orang tersebut mendapat semangat lagi dalam hidup.


GEJALA-GEJALA KEKALUTAN MENTAL

Penderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental. Secara lebih sederhana kekalutan mental dapat dirumuskan sebagai gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang hams diatasi sehingga yang bersangkutan bertingkah secara kurang wajar.
Gejala-gejala permulaan bagi seseorang yang mengalami kekalutan mental adalah :
a.) nampak pada jasmani yang sering merasakan pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung
b.) nampak pada kejiwaannya dengan rasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis, cemburu, mudah marah.




TAHAP-TAHAP GANGGUAN KEJIWAAN
Dokter Heriani, Sp.K.J., seorang dokter ahli jiwa dari RSCM Jakarta, menjelaskan bahwa ada tiga faktor gangguan kejiwaan, yakni biologis, psychoeducational dan sosial budaya. "Ketiga hal ini secara umum menjadi basic timbulnya gangguan jiwa pada seseorang. Gangguan jiwa akan langsung muncul apabila terpicu oleh beberapa sebab, stressor, misalnya tertimpa musibah, mengidap penyakit maupun faktor sosial lain," jelas dr. Heriani kepada Era Baru.


Masing-masing orang memiliki perbedaan dalam penyebabnya. Ketiga faktor tersebut mempunyai keterkaitan satu sama lain. Orang yang mempunyai faktor keturunan (genetik) atau biologis, sejak lahir jiwanya sudah rentan sehingga mudah goncang jika menghadapi masalah, orang sering menyebutnya gila turunan. Masalah dalam konteks ini bisa berarti masalah ringan maupun masalah yang berat. Tentu saja apabila menghadapi malapetaka yang berat, mental yang bagaimanapun kuatnya pasti akan mengalami goncangan, misalnya saja tragedi ledakan bom di Hotel Marriot. Sangatlah wajar setiap orang akan tergoncang mentalnya dan tentu saja meninggalkan trauma panjang yang mempengaruhi keadaan jiwanya.
Gangguan jiwa dapat pula timbul terpicu oleh faktor psychoeducational. Faktor ini terjadi karena adanya kesalahan dalam proses pendidikan anak sejak kecil, mekanisme diri dalam memecahkan masalah. Konflik-konflik di masa kecil yang tidak terselesaikan, perkembangan yang terhambat serta tiap fase perkembangan yang tidak mampu dicapai secara optimal dapat memicu gangguan jiwa yang lebih parah. "Seorang anak yang sering dikasari, disiksa, dan perlakuan buruk lainnya akan terpengaruh jiwanya. Sikap keadaan yang diterimanya akan menimbulkan ketakutan yang berkepanjangan," kata dr. Heriani.
Indikasinya adalah tingkah lakunya di luar kebiasaan orang normal, setiap tindakannya membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain. Ia terhalusinasi oleh suara-suara yang mempengaruhinya. Hal ini yang mengakibatkan penderita ini menjadi agresif, suka mengamuk dan membanting-banting barang. Gangguan jiwa semacam ini termasuk ke dalam tingkat gangguan jiwa berat.Faktor sosial atau lingkungan juga dapat berperan bagi timbulnya gangguan jiwa, misalnya budaya, kepadatan populasi hingga peperangan. Jika lingkungan sosial baik, sehat tidak mendukung untuk mengalami gangguan jiwa maka seorang anak tidak akan terkena gangguan jiwa. Demikian pula sebaliknya. Gangguan jiwa tidak dapat menular, tetapi mempunyai kemungkinan dapat menurun dari orang tuanya. Namun hal ini tidak berlaku secara absolut.

SEBAB-SEBAB TIMBULNYA KEKALUTAN MENTAL

Sebab-sebab timbulnya kekalutan mental, dapat banyak disebutkan antara lain sebagai berikut :
a.) kepribadian yang lemah akibat kondisi jasmani atau mental yang kurang sempuma; hal-hal tersebut sering menyebabkan yang bersangkutan merasa rendah diri yang secara berangsur-angsur akan menyudutkan kaedudukannya dan menghancurkan mentalnya.
b.) terjadinya konflik sosial budaya akibat norma berbeda antara yang bersangkutan dengan apa yang ada dalam masyarakat, sehingga is tidak dapat menyesuaikan diri lagi; misalnya orang pedesaan yang berat menyesuaikan diri dengan kehidupan kota, orang tea yang telah mapan sulit menerima keadaan baru yang jauh berbeda dan masa jayanya dulu.
c.) cara pematangan batin yang salah dengan memberikan realcsi yang berlebihan terhadap kehidupan sosial; over acting sebagai overcompensatie.

PROSES-PROSES KEKALUTAN MENTAL
Proses-proses kekalutan mental yang dialami oleh seseorang mendorongnya ke arah
a.) Positif : trauma (luka jiwa) yang dialami dijawab secara baik sebagai usaha agar tetap survive dalam hidup, misalnya melakukan sholat tahajut waktu malam hari untuk memperoleh ketenangan dan mencari jalan keluar untuk mengatasi kesulitan yang dihadapinya, ataupun melakukan kegitan yang positif setelah kejatuhan dalam kehidupan.
b.) Negatif : trauma yang dialami diperlannkan atau diperturutkan, sehingga yang bersangkutan




OPINI :
Menurut saya manusia dan penderitaan itu adalah suatu hal yang sudah biasa ada dilingkungan hidup kita, karena sudah banyak orang menjadi korban akan hal tersebut. Maka dari itu kita sebagai manusia yang berakal dam mempunyai iman haruslah tidak mencontoh akan hal tersebut. Kita haruslah mengurangi kekerasan antar sesama manusia. Tidak hanya kekerasan, tetapi juga selalu menjaga perasaan orang lain agar tidak tinbul kekerasan pada diri kita sendiri.
Dan penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.


 SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar