Rabu, 19 Juni 2013

SOFTWARE PENDUKUNG GAME ANDROID

PENGERTIAN ANDROID
Android adalah sistem operasi untuk handphone yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.
Beberapa keunggulan Android dengan platform lain yaitu:
·     Keterbukaan - Android menyediakan akses ke fungsi dasar perangkat mobile menggunakan standar panggilan ke API.
·       Penghancuran perbatasan - Anda dapat menggabungkan informasi dari internet ke dalam telepon, seperti informasi kontak, atau data pada lokasi geografis.
·                     Cepat dan mudah perkembangannya - dalam SDK memiliki semua yang anda butuhkan untuk membuat dan menjalankan aplikasi Android, termasuk simulator dan alat debugging.
    Untuk membuat game berbasis android, kita memerlukan beberapa software pendukungnya, yaitu eclipse, adt bundle. pertama kita harus mengetahui apai itu android, eclipse dan lainnya yang berhubungan dengan game berbasis android.


















Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Berikut ini adalah sifat dari Eclipse:
  • Multi-platform: Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS.
  • Mulit-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP dan lain sebagainya.
  • Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya.
Eclipse pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in.
Dengan membuat game pada eclipse untuk berbasis android, maka untuk menjalankan pada ponsel adroid kita harus mengexport ke dalam file extensi .apk. selanjutnya setelah membuat file .apk kita jalankan melalui ponsel android. kelebihan membuat game bebasis android menggunakan eclips yaitu dengan menggunakan eclipse kita lebih mudah mendesain game yang akan dibentuk dan memerlukan sedikit bagian rumit seperti mencoding. selain itu, game yang dibuat melalui eclips untuk berbasis android lebih mudah dikonfersikan untuk dijalankan melalui ponsel android dan tidak perlu ribet dan susah untuk mengkonfersikannya.

ADT BUNDLE
Android Development Tools (ADT) adalah sebuah plugin yang dapat digabungkan dengan Eclipse IDE. Plugin ini dapat mengaktifkan para pengguna untuk membangun sebuah aplikasi berbasis Android.
ADT memperluas fungsi dari Eclipse untuk membuat kita dapat membuat project Android baru, membuka tampilan Android melalui Eclipse, menjalankan project yang dibuat melalui Eclipse, hingga melakukan export ke dalam file .apk untuk mendistribusikan aplikasi yang telah dibuat.

JAVA PLATFORM ANDROID :

PENDEKLARASIAN PACKAGE Deklarasi package digunakan untuk mengelompokkan class-class. Sebuah package dapat mempunyai satu atau lebih sub-package sehingga dapat menyusun sebuah hirarki.
Bentuk umum :
package<namapackage>.<namasubpackage>.<namasubsubpackage>;

      PENDEKLARASIAN IMPORT
Deklarasi import, bersifat opsional, digunakan untuk menunjukkan package atau class yang digunakan dalam sebuah program Java.
Bentuk  umum :
import android.<package>.<subpackage>

INISIALISASI WIDGET XML  
Inisialisasi ini digunakan pada saat medeklarasikan widget atau layout yang dipakai. Secara umum, bentuk pendeklarasian layout xml yang diimplementasikan pada suatu class menggunakan method setContentView() seperti dibawah ini :
setContentView(<layout file>);
sedangkan untuk mendeklarasikan sebuah widget yang akan digunakan untuk keperluan program.
Bentuk umum :
<Object><name> = (<Object>) this.findViewById(<id object in xml file>);

DEKLARASI INTENT 
Intent, adalah serangkaian nilai yang menunjukan apa yang harus dilakukan ketika terjadi perpindahan layar. Intent dapat membawa nilai dimana nilai tersebut akan digunakan pada activity yang terbuka selanjutnya.
Bentuk umum :
Intent <intent_name> = new Intent (context, <activity for result>);
startActivity(<intent_name>);

PENGERTIAN JAVA
Java adalah bahasa berorientasi objek yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi mandiri, aplikasi berbasis internet, serta aplikasi untuk perangkat-perangkat cerdas yang dapat berkomunikasi lewat internet atau jaringan komunikasi. Dalam Java ada 2 (dua) jenis program berbeda, yaitu aplikasi dan applet. Aplikasi adalah program yang biasanya disimpan dan dieksekusi dari komputer lokal sedangkan applet adalah program yang biasanya disimpan pada komputer yang jauh, yang dikoneksikan pemakai lewat web browser. 
Java bukan turunan langsung dari bahasa pemrograman manapun.  OOP (object oriented programming) adalah cara yang ampuh dalam pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak.
Fitur-fitur penting dalam java:
·         Sederhana                          
·         Berorientasi objek
·         Statically typed
·         Dikompilasi
·         Independen terhadap platform
·         Multithreading

PENGERTIAN XML
XML (Extensible Markup Language) menggunakan elemen yang ditandai dengan tag pembuka (diawali dengan ‘<’ dan diakhiri dengan ‘>), tag penutup (diawali dengan ‘<’ diakhiri ‘>) dan atribut elemen (parameter yang dinyatakan dalam tag pembuka misal <form name=”isidata”>). Hanya bedanya, HTML medefinisikan dari awal tag dan atribut yang dipakai didalamnya, sedangkan pada XML kita bisa menggunakan tag dan atribut sesuai kehendak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar