Senin, 06 Juni 2011

CARA MENCINTAI RASULULLAH SAW

katakanlah : "jika kamu (bena-benar) mencintai allah, ikutilah aku, niscaya allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. allah maha pengampun lagi maha penyayang." (QS. ali imran:31)

saat ini, ditengah masyarakat sedang marak berbagai aktivitas yang mengatasnamakan cinta rasul SAW. kencintaan kepada rasulullah SAW adalah ajaran agama, karena telah diperintahkan sebagaimana sabda beliau :
"tidaklah (sempurna) iman salah seorang diantara kalian sehingga aku lebih dicintainya dari pada orangtuanya, anakanya dan segenap umat manusia." (muttafaq alaih)
untuk mengekpresikan cinta kepada rasulullah SAW tidak boleh kita lakukan menurut selera dan hawa nafsu sendiri. sebsb jika cinta rasulullah SAW itu kita ekspresikan secara serampangan tanpa mengindahkan syariat agama maka bukannya pahala yang kita dapat, tetapi malahan dosalah yang akan kita terima.
 adapun tanda-tanda cinta sejati kepada rasulullah SAW adalah :
1. manaati ajaran rasulullah SAW, yaitu dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. pencinta sejati rasulullah SAW manakala mendengar beliau memerintahkan sesuatu, segera mnunaikannya. ia tak akan meninggalkannya meskipun itu bertentangan dengan keinginannya sendiri. adapun orang yang dengan mudahnya menyalahi dan meninggalkan perintah-perintah nabi SAW serta melanggar berbagai kemungkaran maka pada dasarnya dia jauh lebih baik mencintai dirinya sendiri. sehingga kita saksikan dengan mudahnya orang meniggalkan shalat lima waktu, padahal rasulullah SAW sangat mngutamakan shalat, dan shalat adalah salah satu wasiat beliau pada detik-detik terkhir wafatnya.
2. tidak menerima satupun perintah dan larangan kecuali melalui beliau rasulullah, rela dengan apa yang beliau tetapkan, serta tidak merasa susah dengan sunnah-sunnahnya dalam hal shalat, wudhu, makan, tidur dan sebagainya. juga berakhlak dengan akhlak beliau, seperti dalam kasih sayangnya, rendah hatinya, kedermawanannya, kesabaran dan zuhudnya dan sebagainya.
3. memperbanyak shalawat dan mengingat atas beliau rasulullah SAW. dalam hal shalawat nabi rasulullah SAW besabda : "adapun bentuk shalawat atas rasulullah SAW adalah sebagai mana yang beliau ajarkan. salah seorang sahabatnya bertanya tentang bentuk shalawat tersebut, beliau menjawab : "ucapkanlah : allahumma shalli alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad." (ya allah, bershalawatlah atas muhammad dan kemuarganya muhammad)." (HR.bukhari)
4. renungkanlah perjalanan hidup rasulullah SAW, jihad dan kesabarannya serta apa yagn beliau korbankan demi tegaknya agama ini. dalam menyebarkan tauhid serta memadamkan syirik, sungguh suatu upaya yang tidak bisa dijangkau oleh siapapun.
5. mengetahui kedudukan beliau rasulullah SAW di sisi allah ta'alaa. beliau, rasulullah SAW adalah orang yang paling mulia daintara segenap umat manusia, penutup para nabi, yang diistimewakan pada hari kiamat atas segenap nabi untuk memberikan syafa'at uzhma (agung), yang memiliki maqam mahmud (kedudukan terpuji), orang yang pertama kali membuka pintu surga serta berbagai keutamaan beliau lainnya.
cinta rasulullah tidaklah berupa kecenderungan sementara dan hanya pada saat-saay khusus saja, misalnya dengan peringatan-peringatan tertentu. cinta itu haruslah benar-benar murni dari lubuk hati seorang mukmin dan senantiasa terpatri dihati. dengan cinta yang seperti itulah hati menjadi hidup, melahirkan amal shalih dan menahan dirinya dari kejahatan dan dosa. insya allah, mencintai rasulullah bukanlah nerarti mengkultuskannya, tetapi meneladani dan mentaati ajaran yang dibawanya. semoga bermanfaat dan dapat menambah ketaatan serta wawasan keilmuan kita. amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar